Jumat, 12 Juni 2015

Tempat Wisata Air Terjun Cikaso - Sukabumi

Air terjun Cikaso, (bahasa Sunda: Curug Cikaso) merupakan salah satu air terjun yang terletak di selatan Kabupaten Sukabumi. Air terjun ini juga dikenal sebagai Curug Luhur, namun nama Curug Cikaso lebih dikenal masyarakat sekitar dikarenakan aliran airnya berasal dari anak sungai Cikaso.

Air terjun Cikaso terbentuk dari tiga titik air terjun yang berdampingan dalam satu lokasi dimana di bagian bawah air terjun ini terdapat kolam dengan warna air hijau kebiru-biruan. Kedua titik air terjun dapat terlihat dengan jelas sedangkan yang satu agak tersembunyi dengan tebing yang menghadap ke arah timur. Masing-masing air terjun mempunyai nama masing. Yang kiri bernama Curug Asepan, tengah bernama Curug Meong dan kanan bernama Curug Aki. Ketiga curug ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dengan lebar tebingnya sekitar 100 m. Aliran air di kolam ini berlanjut ke Muara Tegal Buleud, Kab. Sukabumi. Kolam tersebut dapat digunakan untuk berenang, namun adanya pengawasan penjaga, dikarenakan kedalaman kolam ini mencapai 15 m.

 

Lokasi Air Terjun Cikaso Sukabumi


Air Terjun Cikaso ini terletak di pesisir barat daya pulau Jawa, tepatnya di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Kec. Cibitung, Kab. Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia.

Air Terjun Cikaso ini berjarak tempuh sekitar 8 kilometer dari Surade, 15 kilometer dari Jampang Kulon, 32 kilometer dari Ujung Genteng, sekitar 110 kilometer dari Kota Sukabumi, dan sekitar 70 km dari Palabuhanratu.

Rute umum menuju Curug Cikaso diawali dari Surade yang memakan waktu tempuh sekitar 30 menit menggunakan kendaraan roda dua atau empat hingga tiba di pertigaan Jalan Cikaso. Curug Cikaso juga terletak tidak jauh dari Wisata pantai Ujung Genteng dimana terdapat penangkaran penyu kawasan Jawa Barat.

Ada beberapa jalur yang bisa ditempuh, jalur pertama yaitu dari pertigaan/pasar Cinagen, Jampang Kulon lalu masuk ke arah cikaso, kurang lebih 5 km perjalanan. Sedangkan jalur kedua yaitu dengan memutar berkeliling selama 6 jam, dimulai dari pertigaan Cibarehong, Surade ke arah SMAN 1 Surade lalu masuk ke kiri, sekitar 3 km dari pertigaan Cibarehong.

Kondisi jalan menuju Air Terjun Cikaso ini cukup menyulitkan, oleh karena itu sebelum menuju ke Curug Cikaso perlu dipastikan terlebih dahulu kelayakan kondisi kendaraan yang digunakan, dikarenakan banyaknya badan jalan yang berlubang, serta medan jalan yang berat, dimana banyak terdapat tikungan tajam, tanjakan, dan turunan curam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar