Minggu, 14 Juni 2015

Tempat Wisata Curug Lalay Bandung Barat

Curug Lalay adalah rangkain akhir dari beberapa curug yang mengalir dari Sungai Cimahi. Jika diurut dari hulu ke hilir, beberapa curug tersebut adalah Curug Putri Layung, Curug Tilu, Curug Bugbrug, Curug Cimahi, Curug Panganten, dan Curug Lalay. Sumber mata air kelima curug tersebut beradal dari lereng Gunung Tangkuban Perahu yang berketinggian sekitar 1800 m dpl.

Curug ini memiliki ketinggian sekitar 30 m saja dan tersembunyi di lembah. Di sisi kiri curug terdapat sebuah cerukan yang menyerupai goa, dimana di dinding goa ini banyak terdapat hewan Lalay yang berarti kelelawar dalam bahasa sunda, yang mana nama tersebut diambil.

Lokasi Tempat Wisata Curug Lalay Bandung Barat

Terletak di Desa Bonggol, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Propinsi Jawa Barat.

Aksesbilitas Curug Lalay Bandung Barat

Untuk menuju ke lokasi ini tidak lah mudah karena curug ini tidak seterkenal curug yang lain dan jarang dikunjungi. Selain akses jalan menuju kesana minim, juga tidak adanya papan penunjuk. Satu-satunya penanda yang bisa diandalkan adalah plang Madrasah Ibtidaiyah Cisasawi, Desa Cihanjuang, Kecamatan Parongpong. Selain itu dianjurkan untuk banyak bertanya pada penduduk setempat keberadaan curug tersebut.

Kondisi jalan menuju kesana hanya dengan berjalan kaki melewati kebun penduduk, menyusuri sungai dan naik turun bukit dan lembah.

Bila perjalanan dari kota Cimahi di Terminal pasar Atas naik angkot berwarna kuning jurusan Pasar Atas - Ciuyah. Turun sebelum kantor lurah Ciutah, Citeureup Cimahi Utara dengan ongkos Rp 2500. Selanjutnya perjalanan diteruskan dengan berjlan kaki melewati jalan setapak yang di sisi kiri-kanannya adalah persawahan dan kebun sayuran hingga bertemu aliran sungai dan pintu air. Dari pintu air ini ikuti jalan saja ke arah hulu hingga mentok ke Curug Lalay berada, Waktu tempuh sekitar 1,5 jam