Senin, 15 Juni 2015

Tempat Wisata Seaworld Indonesia

Seaworld Indonesia adalah sebuah miniatur pesona laut yang terdapat dalam kompleks wisata pertama di Telaga Golf dan kedua terpadu Ancol Jakarta Baycity.

Pada tanggal 2 Oktober 1992, Gubernur DKI masa itu, Wiyogo Atmodarminto meletakkan batu pertama pembangunan Seaworld Indonesia. Tidak sampai dua tahun, pada tanggal 3 Juni 1994 SeaWorld Indonesia sudah mulai beroperasi. Area Seaworld seluas 3 hektare dengan luas bangunan utama 4.500 m2 berisi berbagai macam akuarium, lorong Antasena (lorong bawah air), perpustakaan, museum, terapi ikan dokter, glow theatre, komputer edukatif layar sentuh berisi informasi berbagai spesies di Seaworld dan bermacam fasilitas pelengkap untuk pengunjung seperti tempat makan, toko suvenir, dan ruang serba guna.

 

Pembagian dalam Seaworld Indonesia

Akuarium utama memelihara ribuan satwa laut Indonesia. Sebanyak 35.500 ekor ikan laut Indonesia dari 35 spesies yang berbeda dipelihara disini.

Ukuran akuarium ini mencapai 38 x 24 m dengan kedalaman yang bervariasi dari 4.5 hingga 6 m dan menyimpan 5 juta liter air laut. Karena besarnya akuarium utama ini tercatat sebagai akuarium air laut terbesar kedua di Asia Tenggara.

Area Air Tawar dilengkapi dengan koleksi-koleksi satwa air tawar dari berbagai negara, termasuk diantaranya piranha dan Arapaima gigas dari sungai Amazon. Akuarium air tawar yang ditampilkan terdapat memiliki beberapa tema antara lain Aquarest (Aquarium Rain Forest), Aquarapaima, Aqua Car, Ex-Quarium dan Aquarium Piranha.

Lorong Antasena adalah lorong bawah air sepanjang 80 m yang dioperasikan dengan pijakan berjalan otomatis dengan kubah tembus pandang. Memungkinkan pengunjung untuk menikmati pemandangan "bawah laut" tanpa harus khawatir tersandung saat menengadah ke atas untuk melihat ikan.

Aquarium Dugong merupakan tempat tinggal untuk mamalia laut yang langka yaitu Duyung (Dugong dugon) dan Otter's Track menjadi rumah bagi mamalia semi akuatik Aonyx cinerea.

Pesona kehidupan laut ditambahkan dengan adanya Akuarium ekosistem terumbu karang yang berisi koral, sponge dan berbagai biota penghuni terumbu karang yang indah, serta berbagai akuarium yang berisi berbagai hewan laut unik lainnya seperti Gurita Pasifik Raksasa, Kepiting Laba-Laba, Ikan Nanas dan Nautilus yang hidup di suhu sangat dingin.

 

Program Program Seaworld Indonesia

Program magang

Seaworld Indonesia juga memberi kesempatan untuk murid-murid mengerjakan pekerjaan sekolah, riset dan praktek kerja pada area-area seperti Layanan Pengunjung (Customer Service), marketing, kuratorial, dan arsitektur. http://id.wikipedia.org/wiki/PorPembagian dalam Seaworld

 

Pendidikan

Program Pendidikan di Seaworld Indonesia

Seaworld Indonesia juga menawarkan program belajar, "Belajar bersama ikan" , program ini dirancang khusus untuk mendukung mata pelajaran biologi dan untuk memenuhi rasa ingin tahu pelajar akan dunia laut. Programnya pertama di luncurkan pada bulan Agustus 1994 dan masih berjalan hingga kini untuk membantu pendidikan sekolah-sekolah di seluruh Indonesia yang berkunjung. Program ini terdiri dari:
  • Pengamatan ekosistem air pada ex situ
  • Lembar Kerja Siswa, dibagikan gratis untuk murid-murid dari tingkat SD hingga SMA
  • Presentasi untuk materi-materi tertentu dan bisa dilakukan jika telah membuat perjanjian terlebih dahulu
  • Panduan mengenai biota Seaworld Indonesia dengan bantuan pemandu pendidikan (Education Guide)
  • Permainan interaktif, tanya jawab kuis dan aktivitas lain yang mendidik

Program Jangkauan Keluar (Outreach):
Seaworld Indonesia juga mendatangi sekolah-sekolah untuk membantu kegiatan pendidikan kepada para siswa agar lebih peduli tentang dunia laut. Tujuannya adalah
untuk meningkatkan keingintahuan dan kecintaan murid pada kehidupan laut dan upaya-upaya pelestariannya.

Program Pelestarian
Program pelestarian yang telah dilakukan Seaworld Indonesia adalah program pelestarian penyu. Penyu yang dibesarkan di Seaworld Indonesia secara berkesinambungan dilepaskan kembali ke habitat asli mereka. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai tujuan pendidikan dalam hal Konservasi Lingkungan.

Program Khusus : Klub Si Woli
Seaworld Indonesia memiliki sebuah Klub yang beranggotakan anak-anak yang bernama Si Woli dimana anak-anak (usia 5 - 17 tahun) dapat menjadi anggota dari klub ini dengan membayar iuran tahunan sebesar Rp.100,000,- Kelompok anak-anak ini akan diajak mengikuti berbagai aktivitas di SeaWorld Indonesia atau kegiatan di luar seperti menjelajahi laut sampai berpetualang di Pulau-pulau dan hutan. Perjalanan ini dimaksudkan agar anak-anak bisa tetap dekat dengan alam dan pembelajaran untuk menemukan hal hal baru.

 

Jam Buka dan Biaya Masuk

Buka setiap hari mulai dari jam 09:00 pagi - 18:00. Biaya masuk Rp.80,000/orang [Sn-Jm] dan Rp. 90.000/orang {sb/mg], Rp. 100.000/orang (libur). Catatan: 2 th ke atas membayar penuh.

 

Sengketa Kontrak

Pada akhir September 2014 terdapat perseteruan antara pihak Taman Impian Jaya Ancol & pihak Seaworld Indonesia. Seaworld Indonesia menyatakan bahwa perpanjangan kontrak yang berakhir pada Juni 2014 akan berlangsung otomatis sampai tahun 2034. Namun, pihak PT. Ancol Pembangunan menyatakan bahwa kontrak harus diperpanjang & tidak berlangsung otomatis. Pertikaian ini pun berakhir dengan penutupan Seaworld Indonesia pada tanggal 2 Oktober 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar