Minggu, 14 Juni 2015

Tempat Wisata Curug Sawer Bandung Barat

Curug Sawer adalah air terjun yang berada di Desa Cililin, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat, Propinsi Jawa Barat pada posisi 6°57'24"S 107°27'39"E. Memiliki beberapa air terjun yang bertingkat. Nama Curug Sawer merupakan legenda bagi masyarakat setempat bagi siapa yang ingin mencari jodoh. Sayangnya obyek wisata ini secara rutin hanya ramai pada hari Minggu dan musim liburan. Hal ini dikarenakan lokasi wisata ini belum maksimal dikembangkan. Selain dimanfaatkan sebagai tempat wisata, tak sedikit juga orang yang datang untuk sekedar berjogging sambil menikmati indahnya panorama alam yang disajikan.

Curug Sawer yang dikelola oleh KPH Perhutani ini memiliki area seluas 7 ha, berada di ketinggian 1700 m (dpl) dengan curah hujan sekitar 4000 mm/tahun.

 

Aksesbilitas Tempat Wisata Curug Sawer Bandung Barat

Objek wisata Curug Sawer ini ditempuh hanya satu jam dari Kota Bandung dengan kendaraan melewati Batujajar setelah tol Padalarang.

Lokasi air terjun tersebut hanya berjarak 2,5 kilometer dari loket pintu masuk. Namun, jalan yang beraspal hanya sekitar 1 kilometer. Sisanya berupa jalan setapak yang menanjak dan berbatu. Satu-satunya penunjuk hanyalah papan nama kayu yang berada di samping jalan untuk masuk ke jalan setapak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar