Minggu, 14 Juni 2015

Tempat Wisata Curug Tilu Bandung Barat

Curug Tilu merupakan air terjun yang berada di area wana wisata CIC (Ciwangun Indah Camp), di daerah Parongpong, Lembang, tidak jauh dari Villa Istana Bunga.
Nama Tilu dalam bahasa sunda artinya tiga, dengan demikian nama Curug Tilu kemungkinan berasal dari jumlah tingkatan terjunan air. Ketinggian curug ini berkisar sekitar 10 m dengan lebar sekitar 2 m. Di bagian bawahnya terddapat kolam yang memiliki kedalaman sekitar 3 m. Di atas Curug Tilu ini ke arah bantaran hulu terdapat curug lagi yang bernama Curug Putri Layung yang ukurannya lebih kecil tapi dengan kolam alami yang cukup dalam dan luas.
Selama perjalanan menuju Curug Tilu ini akan ditemui banyak curug-curug kecil yang ketinggian kurang dari 3 m.

 

Lokasi Tempat Wisata Curug Tilu Bandung Barat

Terletak di Kampung Ciwangun, Desa Cihanjuang Rahayu, Kecamatan Parangpong, Kabupaten Bandung Barat, Propinsi Jawa Barat.

Peta dan Koordinat GPS: 6° 47' 25.64" S 107° 34' 54.00" E

 

Aksesbilitas Tempat Wisata Curug Tilu Bandung Barat

Berjarak sekitar 20 km atau 2 jam perjalanan dari pusat kota Bandung. Kondisi jalan menuju kesana relatif bagus dan menanjak hanya beberapa di titik jalan berlubang dan terkelupas aspalnya,

Bila berangkat dari kota Cimahi ambil arah ke Jl. Kolonel Masturi ke arah Parongpong. Jalan masuk ke curug ini terletak di kiri jalan dimana di depannya di tandai Gerbang Wana Wisata CIC. Bagi yang membawa kendaraan sendiri dapat parkir di area yang disediakam di dekat pintu gerbang.masuk. Selanjutnya perjalanan diteruskan dengan menyusuri jalan setapak sejauh kurang lebih 4 km dari pintu gerbang ini. Selama perjalanan diselingi dengan menyeberangi sungai melalui jembatan bambu sekitar 4 atau 5 jembatan.

Bila menggunakan kendaraan umum

 

Fasilitas Tempat Wisata Curug Tilu Bandung Barat

Fasilitas yang tersedia cukup lengkap, hal ini dikarenakan curug ini berada di dalam kawasan yang sering digunakan untuk keperluan outbound keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar